PENDAHULUAN Training Contract Management
Persaingan dalam dunia usaha yang semakin ketat, “memaksa” perusahaan-perusahaan untuk berkonsentrasi pada rangkaian proses atau aktivitas penciptaan produk dan jasa yang terkait dengan kompetensi utamanya (core competence). Aktivitas-aktivitas yang bukan merupakan core competence perusahaan tersebut dialihkan ke pihak lain. Proses pengalihan aktivitas tersebut biasanya dituangkan dalam suatu perjanjian yang dibuat secara tertulis (kontrak). Bagi pihak pemberi atau pihak penerima pekerjaan, kontrak merupakan suatu cara untuk mengamankan transaksi bisnis yang mereka lakukan. Faktanya seringkali terjadi perselisihan antara pemberi dan penerima pekerjaan akibat ketidaksesuaian isi kontrak dengan pelaksanaannya di lapangan. Untuk menghindari hal tersebut, perusahaan perlu membekali karyawannya yang terlibat dalam pengelolaan kontrak dengan pengetahuan tentang manajemen kontrak (contract management). Dengan memiliki pengetahuan manajemen kontrak yang baik maka karyawan diharapkan kompeten dalam memilih vendor, mempersiapkan kontrak, monitoring dan evaluasi kinerja vendor, serta melakukan klaim dan menyelesaikan konflik. Training contract management ini akan menyampaikan materi-materi sehingga sasaran di atas berupa terwujudnya SDM yang mengerti tentang seluruh seluk beluk mengenai manajemen kontrak bisa tercapai.

GARIS BESAR PROGRAM Training Contract Management
1. Pengantar
• Pengertian dan arti penting kontrak
• Fungsi ekonomi kontrak
• Syarat sah suatu kontrak
• Akibat hukum suatu kontrak
• Asas kebebasan kontrak
• Berakhirnya suatu kontrak
• Jenis-jenis kontrak
2. Perencanaan kontrak
• Menetapkan aktivitas subkontrak
• Menentukan Metoda Pemilihan Vendor (Penyedia barang/jasa)
• Menentukan Metoda Penyampaian Dokumen Penawaran Vendor
• Menentukan Metoda Pemilihan Vendor
3. Penyusunan kontrak kerjasama
• Letter of Award
• Isi kontrak
• Unsur-unsur pokok kontrak
4. Proses negosiasi dengan vendor
• Prinsip-prinsip dalam negosiasi
• Teknik negosiasi
5. Monitoring dan evaluasi kinerja vendor
• Tujuan monitoring dan evaluasi kinerja vendor
• Teknik monitoring dan evaluasi kinerja vendor
• Efektivitas monitoring dan evaluasi kinerja vendor
6. Klaim dan penyelesaian konflik
• Pengertian klaim
• Bentuk klaim
• Faktor-faktor penyebab klaim
• Prosedur pengajuan klaim
• Penyelesaian klaim
• Penyebab kegagalan klaim
• Cara mengendalikan dan menghindari risiko klaim

MANFAAT Training Contract Management
Setelah mengikuti training contract management ini peserta diharapkan mampu mengelola kontrak dengan baik, mulai dari memilih vendor, menyusun draft kontrak, monitoring dan evaluasi kinerja vendor, serta melakukan klaim dan menyelesaikan konflik.

PESERTA Training Contract Management
Manajer/Supervisor atau Administration & Tender Contract Staff atau seluruh pihak yang berkepentingan dengan manajemen kontrak

PELAKSANAAN Training Contract Management
Paket Reguler

  • 16-17 Januari 2018
  • 12-13 Februari 2018
  • 15-16 Maret 2018
  • 3-4 April 2018
  • 15-16 Mei 2018
  • 5-6 Juni 2018

Paket Eksekutif

  • 29-31 Januari 2018
  • 6-8 Februari 2018
  • 13-15 Maret 2018
  • 24-26 April 2018
  • 2-4 Mei 2018
  • 5-7 Juni 2018

INVESTASI Training Contract Management
Paket Reguler : Rp 4.400.000,-/Peserta
Paket Eksekutif : Rp 7.700.000,-/Peserta

Fasilitas Training Contract Management
Paket Reguler : Include PPN, Tas Backpack, Flashdisk, Sertifikat, Lunch, Coffee Break, Training Kit
Paket Eksekutif : Include PPN, Hotel Bintang 4/5, Tas Backpack, Flashdisk, Sertifikat, Lunch, Coffee Break, Training Kit, Antar Jemput, Souvenir