PENDAHULUAN Training Pengadaan Barang Dan Jasa
Manajemen Pengadaan Barang/Jasa adalah suatu rangkaian kegiatan pengelolaan aktifitas pemenuhan kebutuhan dalam mencapai tujuan organisasi melalui pembelian barang/pelaksanaan pekerjaan jasa atau barang dan jasa. Sehingga pemahaman tentang lingkungan dan konteks organisasi merupakan persyaratan penting dalam pengadaan barang/jasa terutama dalam sektor pemerintahan. Kemudian pengetahuan yang tidak kalah pentingnya adalah pembuatan spesifikasi, penetapan HPS dan proses perancangan & pembuatan kontrak yang harus dimiliki sebagai kompentensi bagi pelaku pengadaan.
Proses pengadaan biasanya dimulai dengan adanya permintaan barang/jasa oleh pengguna anggaran kepada pihak pengelolaan pengadaan (procurement). Pihak pengelola pengadaan kemudian melakukan proses untuk mendapatkan barang/jasa sesuai dengan permintaan yang tertuang dalam dokumen yang dibuat oleh pengguna anggaran, dengan melakukan proses pelelangan, termasuk mengevalusi dokumen penawaran dari penyedia. Kemudian pembuatan komitmen dalam bentuk order atau bentuk kontrak kepada penyedia yang ditunjuk. Penyedia barang/jasa kemudian menyerahkan barang atau memenuhi jasa yang diminta pihak pengguna (PPK). Pada pengadaan Barang/Jasa publik (pemerintah), Pelaksanaan Pengadaan harus mengacu kepada PERPRES 54 Tahun 2010 dan perubahannya,

TUJUAN Training Pengadaan Barang Dan Jasa
Beberapa keahlian atau kompetensi yang harus dimiliki dalam menjalankan tugas dan tanggung jawab dalam penerimaan hasil pengadaan kontrak, oleh karena itu tujuan training ini meliputi:
• Mengenal Lingkungan Pengadaan Barang/Jasa
• Menyusun Rencana Pemilihan Barang/Jasa, membuat spesifikasi teknis, anggaran dan harga perkiraan sendiri.
• Melakukan Pemilihan Penyedia Barang/Jasa termasuk kualifikasi dan penilaian kinerja penyedia yang akan diundang dalam pelelangan.
• Melaksanakan pelelangan termasuk penjelasan dokumen kepada penyedia, evaluai penawaran penyedia dan mengelola sanggahan
• Melakukan Negosiasai untuk mendapatkan hasil terbaik dan
• Memahamahi proses Membuat Rancangan, Finalisasi dan Penandatanganan Dokumen Kontrak Pengadaan Barang/Jasa

PESERTA Training Pengadaan Barang Dan Jasa
• PPK/KPA, atau pejabat/tim yang bertugas melakukan Pembuatan kontrak atau yang ikut terlibat membuat peraturan penyelenggaraan Pengadaan Barang/Jasa.
• Anggota Pokja/ULP yang bertugas melakukan Pemilihan atau yang ikut terlibat membuat peraturan penyelenggaraan Pengadaan Barang/Jasa.
• PPHP atau pejabat yang terlibat dalam pelaksanaan, pengendalian dan penutupan kontrak
• Staf yang membantu proses pemilihan atau staf junior di LSP.

No Kelompok Fungsi Keahlian Unit Kompetensi Hari
1 Mengenal Lingkungan Pengadaan Barang/Jasa Menelaah Lingkungan Pengadaan Barang/Jasa Ke 1 (08.00-10.00)
2 Menyusun Kebutuhan dan Anggaran Pengadaan Barang/Jasa Ke 1 (10.15-12.00)
3 Menyusun Rencana Teknis Pemilihan Barang/Jasa Menyusun Spesifikasi Teknis Paket Pengadaan Barang/Jasa Ke 1 (13.00-14.45)
4 Menyusun Harga Perkiraan Sendiri Paket Pengadaan Barang/Jasa Ke 1 (15.00-16.00)
5 Merencanakan Pemilihan Penyedia Barang/Jasa Mengkaji Ulang Paket Pengadaan Barang/Jasa Ke 2 (08.00-10.00)
6 Memilih Penyedia Barang/Jasa yang akan diundang dalam pelelangan Ke 2 (10.15-12.00)
7 Menyusun Dokumen Pengadaan Barang/Jasa Ke 2 (13.00-14.45)
8 Melaksanakan Pemilihan Penyedia Barang/Jasa Menyampaikan Penjelesan Dokumen Pengadaan Barang/Jasa Ke 2 (15.00-16.00)
9 Strategi Mengevaluasi Dokumen Penawaran Barang/Jasa Ke 2 (15.00-16.00)
10 Mengelola Sanggahan terkait Pelelangan Pengadaan Barang/Jasa Ke 3 (08.00-10.00)
11 Mempersiapkan Kontrak Pengadaan Barang/Jasa Melakukan Negosiasi Kepada Penyedia Pengadaan Barang/Jasa Ke 3 (10.15-12.00)
12 Membuat Rancangan Kontrak Pengadaan Barang/Jasa Ke 3 (13.00-14.45)
13 Melakukan Finalisasi dan Penandatanganan Dokumen Kontrak Pengadaan Barang/Jasa Ke 3 (15.00-16.00)

PELAKSANAAN Training Pengadaan Barang Dan Jasa
Paket Reguler

  • 16-17 Januari 2018
  • 20-21 Februari 2018
  • 26-27 Maret 2018
  • 10-11 April 2018
  • 15-16 Mei 2018
  • 25-26 Juni 2018

Paket Eksekutif

  • 23-25 Januari 2018
  • 13-15 Februari 2018
  • 20-22 Maret 2018
  • 3-5 April 2018
  • 7-9 Mei 2018
  • 26-28 Juni 2018

INVESTASI Training Pengadaan Barang Dan Jasa
Paket Reguler : Rp 4.400.000,-/Peserta
Paket Eksekutif : Rp 7.700.000,-/Peserta

Fasilitas Training Pengadaan Barang Dan Jasa
Paket Reguler : Include PPN, Tas Backpack, Flashdisk, Sertifikat, Lunch, Coffee Break, Training Kit
Paket Eksekutif : Include PPN, Hotel Bintang 4/5, Tas Backpack, Flashdisk, Sertifikat, Lunch, Coffee Break, Training Kit, Antar Jemput, Souvenir