Jadwal Training Proses Perpanjangan Kontrak Dengan Harga Tetap

  • 25-27 Juli 2017 di Malang
  • 2-4 Agustus 2017 di Jakarta
  • 26-28 September 2017 di Yogyakarta
  • 10-12 Oktober 2017 di Semarang
  • 1-3 November 2017 di Bandung
  • 12-14 Desember 2017 di Surabaya

PENDAHULUAN

Pengadaan barang dan jasa bertujuan mendapatkan value for money sesuai dengan target yang ditentukan.  Dalam siklus pengadaan, setelah tujuan pengadaan ditetapkan, maka perusahaan akan melakukan proses seleksi supplier (kualifikasi) yang dapat memberikan penawaran terkait dengan permintaan barang/jasa tertentu dari Pembeli.  Dari sekian banyak bidder shortlist yang dianggap mampu sebagai penyedia, maka akan dilakukuan kualifikasi.  Proses kualifikasi dapat dilakukan sebelum pelaksanaan tender (pra-kualifikasi) atau pada saat pelaksanaan tender (pasca-kualifikasi).

Selanjutnya , dalam training ini adalah mengenai Proses Perpanjangan Kontrak dengan harga tetap. Seperti diketahui bahwa terdapat berbagai jenis kontrak (spot order, regular contract, lumpsump contract, frame agreement contract, fixed price contract, cost reimbusable, time & material) yang biasa dipakai dalam memenuhi berbagai kebutuhan barang/jasa dalam perusahaan. Dalam kontrak yang berdurasi lebih dari satu tahun yang dipakai untuk memenuhi berbagai kebutuhan barang/jasa, biasanya dibuat framework agreement/long term price agreement dengan harga yang biasa tetap atau dengan klausul penyesuaian (adjustment) berdasarkan indikator ekonomi lain seperti kenaikan / fluktuasi bahan baku.

Dalam pelaksanaannya kontrak-kontrak yang berdurasi tahunan seperti ini memerlukan penanganan tersendiri dalam perpanjangannya, sehingga membutuhkan keahlian khusus dari pelaku pengadaaan (procurement specialist) dalam menjembatani antara keperluan operasi perusahaan dan waktu yang tersedia untuk perpanjangan kontrak. Sehingga terkadang muncul istilah bridging contract  untuk menjembatani kebutuhan produksi yang harus disediakan sementara menunggu hasil pemilhan penyedia yang baru.  Namun demikian, dalam kasus tertentu apabila existing supplier yang saat ini mempunyai kriteria yang dianggap relevan untuk dilakukan perpanjangan kontraknya, maka pilihan untuk meneruskan kontrak yang ada menjadi sesuatu yang beralasan kuat.  Oleh karena itu, yang diperlukan oleh pelaku pengadaan adalah bagaimana memperpanjang kontrak dengan harga tetap bahkan mendapatkan keuntungan-keuntungan lain dari negosiasi sebelum perpanjangan kontrak sesuai dengan ekpektasi perusahaan.

TUJUAN

Setelah mengikuti training ini diharapkan peserta akan mampu untuk :

  • Peserta mampu melakukan perencanaan dan strategi yang sesuai dengan tujuan perusahaan dalam rangka perpanjangan kontrak
  • Peserta diharapkan mampu memahami berbagai jenis dan karakteristik kontrak dalam pengadaan barang/jasa pada perusahaan
  • Peserta dapat melaksankan negosiasi dalam rangka perpanjangan kontrak yang ada dengan harga yang tetap bahkan dengan pencapaian yang lebih baik.
  • Peserta mampu menjembatani kebutuhan operasi perusahaan dengan melakukan pengelolaan perpanjangan kontrak dengan tanpa menginterupsi produksi pada perusahaan

GARIS BESAR PROGRAM

Pengantar Mengenai Proses Perpanjangan Kontrak

  • Jenis-jenis Kontrak
  • Kontrak dengan harga tetap (Fixed Price, Lump sum, Firm Fixed Price )
  • Kontrak Tetap pembelian barang
  • Kontrak Tetap pengadaan jasa
  • Kontrak Tetap pengadaan konstruksi
  • Model Variasi dari Kontrak Harga Tetap :
  1. Fixed Price Incentif Fee
  2. Fixed Price Award Fee
  3. Fixed Price Economic Price Adjusment, Long Term Price Agreement (LTPA)

Faktor –Faktor Yang dipertimbangkan dalam Proses Perpanjangan Kontrak

  • Supplier Performance Evaluation
  • Supplier’s Price benchmarking /market reseach
  • Specific advantages dalam perpanjangan kontrak

Melakukan Evaluasi Kinerja Penyedia

  • Menyusun Instrumen Evaluasi Kinerja Penyedia Barang/Jasa
  • Area Kinerja Utama Penyedia : Quality, Quantity,Availablity, Reliability And Responsipness
  • Menilai Dan Mengelola Informasi Kinerja Penyedia Barang/ Jasa

Negosiasi Perpanjangan Kontrak

  • Objective negosiasi
  • Mengumpulkan data dan fakta
  • Membuat rencana negosiasi
  • Taktik Negosiasi
  • Item-item utama dalam negosiasi : Scope,schedule, price, performance, responsbilitie, payment, etc
  • Melakukan Negosisasi

Latihan dan Diskusi Perpanjangan Kontrak

Kesalahan-Kesalahan Dalam Proses Perpanjangan Kontrak

PENYELENGGARAAN

  • 25-27 Juli 2017 di Malang
  • 2-4 Agustus 2017 di Jakarta
  • 26-28 September 2017 di Yogyakarta
  • 10-12 Oktober 2017 di Semarang
  • 1-3 November 2017 di Bandung
  • 12-14 Desember 2017 di Surabaya

INSTRUKTUR

  • SAMIDI, ST, MBA, PMP, MCCM

INVESTASI

  • Rp5.500.000,- / peserta (di Surabaya dan Bandung)
  • Rp6.600.000,- / peserta (di Yogyakarta, Semarang, Solo, Malang, Jakarta, Balikpapan dan Bali)
  • Rp7.700.000,- / peserta (di Lombok, Medan, Batam, Padang, Makassar, dan Manado)

DAPATKAN DISKON HARGA

  • DISKON 250rb jika didaftarkan 2 peserta
  • DISKON 500rb jika didaftarkan 3 peserta keatas

FASILITAS

  • Termasuk: Training di hotel berbintang, Modul (hardcopy materi), Flashdisk(softcopy materi), ATK Peserta, Tas(Backpack) atau Bolpoint PARKER, Sertifikat, Makan Siang(3x), Coffee Break, Instruktur yang berkualitas, Pre Test dan Post Test
  • Harga belum termasuk penginapan peserta dan pajak (PPN 10%)

*note : agar confirm running minimal 3 peserta di surabaya & bandung dan diluar dua kota tersebut minimal 5 peserta

Download Silabus